Menyongsong Optimisme Pengembangan Potensi Tao,Pariwisata Danau Toba.


Lintas77.blogspot.com,Tapanuli Utara-Danau Vulkanik terbesar di dunia adalah: Toba.Di tengah Danau Toba tsb ada pulau bernama Samosir.Danau ini termasuk yg terdalam di dunia.Tao'Danau' Toba yg letaknya berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut,Menerjunkan air yg melimpah ke sungai Asahan.Air terjun Asahan inilah menghasilkan pergerakan turbin listrik sebesar 600 Mega watt.Menghasilkan harga listrik yg murah,Hingga Jepang tertarik mendirikan pabrik aluminium;dan Inalum,Kuala Tanjung.

Air limpahan dari PLTA pertama itu kembali ke sungai Asahan.Dipakai lagi utk membangkitkan listrik di PLTA berikutnya.Yang posisinya lebih rendah dari PLTA pertama.Lalu di pakai lagi utk PLTA(pembangkit listrik tenaga air) ketiga,Di posisi Asahan yg lebih rendah lagi.Kelak masih bisa di bangun lagi dua PLTA dibagian lebih Hilir Asahan.

TAO'Danau'Toba telah menghidupkan ekonomi di Hilir Asahan.Tapi belum maksimal menghidupkan ekonomi masyarakat disekitar danaunya sendiri.

Meski Tao Toba memiliki panjang keliling pantai lebih dari 300 Km,Tapi yg paling ramai hanya disisi bagian timur,Itulah pantai " Down Town" danau toba.Banyak penduduk di sisi ini,dulu kumuh itu terasa lebih lapang,lebih tertata,lebih rapih.

Pantai Down Town Danau Toba ini di sebut juga Mulia Raja.Konon Raja Napitupulu,Pemilik tanah disitu menyerahkannya ke Pemerintah.Jadilah dermaga tsb jadi wisata utama Dermaga Mulia Raja.

Didekat dermaga ini ada lapangan sepak bola.Itulah lapangan Lumban Silintong.Lapangan rumput di gunakan main sepak bola oleh masyarakat sekitar.Jika nendang bolanya sekuat Hulk,maka bolanya bisa nyampe ke danau.

Selain lapangan tsb digunakan masyarakat sekitaran utk bermain bola,lapangan juga sering digunakan pentas apa saja.Termasuk musik dan hiburan apa saja oleh masyarakat sekitaran.Saya pernah menyaksikan Judika manggung dilapangan ini;Ia yang nyanyi ,saya mengaguminya.

Sekarang lapangan rumput itu sudah dibeton.Diatas Beton itu dibangun tribun besar.Tribun utama diperuntukkan penyelenggaraan event besar.Kursi-kursi dipasang menghadap danau,Menghadap dermaga.

Berada disekitar Toba serasa di negara Swiss,Sejuk;danIndah;damai.

Beda dengan sirkuit Mandalika yg suhunya  panas,Udara danau Toba dan sekitarnya sangat sejuk.

Apalagi pemandangan sekitar Toba bergunung,berlembah,dan berbukit.Itu ibarat ratusan gadis cantik di cat hijau yg berbaring telentang.Sejauh mata memandang serba hijau menyejukkan.

Tuhan Yang Maha Esa telah memasang AC alam utk menyejukkan seluruh kawasan Toba;dan Yg kalau buatan manusia butuh listrik,Entah berapa juta Mega.

AC itu disia-siakan wisatawan; Mengapa yg sedikit datang ke Toba? Memang utk ke Toba,Dimasa yang lalu,Sangat sulit.Bandara yg terdekat waktu itu,Medan.Masih perlu berkendara 4 jam lagi dari Bandara lama Kota Medan.Lalu daya tarik Toba ya Tao Toba,Serta Kebudayaan adat istiadat Masyarakat Batak; yg butuh perhatian dan pengembangan lanjutan,Ya AC alamnya juga.

Kini Bandara Medan lama sudah dipindah ke Kualanamu;Dan Bisa memotong waktu 1 Jam.Bahkan kini sudah ada Bandara baru "birbir" Toba: Bandara Silangit.Namun tidak sebesar Bandara Kualanamu,Medan.Silangit bisa di darati pesawat Boeing 737.Sudah banyak penerbangan dari Jakarta ke Silangit.Ada Citilink,Batik;Dan Air Asia setiap hari.Silangit masih perlu keputusan baru: Membuatnya Bandara International.Dari Singapura hanya 1 jam ke Silangit,Dari Kuala lumpur ke Silangit hanya 45 menit,Dari Penang ke Silangit hanya 30 menit.Tao Toba perlu kunjungan wisata dari kota-kota besar minim wisata alam.Tentu harus banyak acara,Yang sifatnya menarik wisatawan domestik dan Luar.Juga perlu Atraksi! tambahan yg bisa menahan wisatawan lebih dari 1 hari.

Itu tidak mudah.Down Town pantai Toba sudah dikuasai oleh perseorangan,milik warga desa,Penuh rumah kecil-kecil;Ada yg berupa sawah,dipetak kecil-kecil;dan ditaami Padi sawah.

Unggul Del: Sekolah Unggulan didekat Tao Toba ini Milik Jenderal,Luhut Panjaitan.Sekolah ini terkenal sekali namanya;Dan tinggi sekali mutunya.Jenderal ,TB Silalahi juga punya sekolah Unggulan dan Museum Batak,SMA Sopo surung.Dua sekolah ini seperti bersaing terbaik diTanah Batak,Balige;dan Indonesia.

Tidak adanya lahan kosong yg luas milik negara dan swasta di Toba;menjadi faktor penyulit utk penambahan fasilitas Wisata kelas dunia disana.

Lahan-lahan perorangan dibibir danau belakangan banyak di buat Cafe,Setidaknya 20 Cafe.Kalau Anda di Cafe ini,Anda bisa minum coffee sambil melihat panorama Tao Toba.

Wisata Tao Toba belum sesukses nama besarnya.Danau Toba dicoba di hidupkan dgn menyelenggarakan event nafas besar: F1 Power Boat (F1 H2O).

Untuk acara besar itu,Pemerintah mengizinkan pemilik lahan di situ untuk menampung penonton. Maka bermunculanlah tribun-tribun perorangan untuk F1 H20. Misalnya tribun Pardede Kempes. Ini dibangun Pardede di tanahnya yang menghadap ke danau.

Tentu tribun-tribun perorangan tersebut harus seizin panitia/Pemda. Juga harus lulus persyaratan pengaturan kursi dan keamanan penonton.

Penjualan tiketnya terkoordinasi di website yang sudah disetujui saat itu.Salah satunya _website_ milik Sahabat Disway di sana: toba experience.id/ticket.

Pemerintah memang mengakomodir kepentingan ekonomi rakyat di acara itu berlangsung. Bahkan adanya display produk UMKM lokal, pun di tribun VIP. Sahabat Disway itu, Eko Pardede, menyiapkan oleh-oleh khas Balige/Toba Yakni bolu gulung. Ia beri merk Boan. "Kalau diucapkan dua kali bisa berarti oleh-oleh," ujar Eko Pardede yang juga menyajikan kopi khusus dari Toba: _Hutanta Coffee_.

"Usaha kami babak belur selama pandemi. Maka moment event  F1 H20 ini kami dapat jadikan titik balik," ujar Pardede.

Pardede masih ingat;dulu saya sering mengucapkan kalimat berikut ini. "Terlalu banyak tokoh nasional dari Batak, tapi terlalu sedikit proyek nasional di tanah Batak".

Jadilah Silangit bandara yang memadai.

Dan kini Toba mendapatkan menu yang setara dengan nama besarnya.Toba letaknya berada di ketinggian 900 meter dari permukaan laut,Menerjunkan air yg  melimpah ke sungai Asahan 

Lalu apakah ini untuk yang terakhir kalinya?
By: GurGur Saut Soaloon.
Jumat(17/03/2023).




Postingan Populer